1.Dengan jangkauan
yang lebih luas, menurut analisis anda, Apakah tepat radio dipakai sebagai sarana periklanan di Indonesia yang negara kepulauan ?
2.Menurut anda,
bagaimana membuat iklan radio yang baik?
1. Radio merupakan salah satu media penyampaian informasi yang
memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Radio memanfaatkan medium udara untuk
merambatkan pancarannya. Terdapat dua gelombang yang digunakan, AM dan FM. Umumnya
radio swasta menggunakan frekuensi FM karena kuaalitas yang lebih baik. Namun frekuensi
FM ini hanya pada lingkup yang terbatas jaraknya. Frekuensi AM mulai banyak
ditinggalkan oleh radio-radio swasta karena kualitas yang rendah, walaupun
memiliki keunggulan bisa menjangkau daerah yang lebih luas daripada frekuensi
FM.
Menurut kelompok kami, radio digunakan sebagai sarana
periklanan menjadi kurang efektif. Karena pancaran frekuensi radio swasta yang
menggunakan FM menjadikan itu sebagai keterbatasan. Ini disebabkan jarak dari
frekuensi FM yang terbatas, sehingga akan membutuhkan banyak biaya untuk
menyampaikan iklan ke beberapa radio swasta di tiap derahnya. Hal ini didukung dengan
struktur negara kepulauan di Indonesia yang menjadikan media radio menjadi
kurang efektif.
Selain itu berkembangnya
internet yang kini sudah mulai menyentuh daerah daerah yang terpencil membuat
semua menjadi lebih mudah. Tidak kalah pentingnya peran televisi sebagai media
penyampaian iklan yang efektif dan pada umumnya masyarakat menggunakan televisi
di kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu menyebabkan radio menjadi kurang
efektif sebagai media penyampaian iklan.
2. Setelah mengamati berbagai iklan yang ada di radio kami
mengambil berbagai kesimpulan cara membuat iklan radio yang baik.
Pesan
Penyamapaian pesan dibuat secara menarik dan unik agar
pendengar terfokus untuk mendengarkan iklan. Para pendengar radio pasti
biasanya orang-orang yang sedang bekerja , sehingga mereka tidak fokus untuk
mendengarkan radio. Sesuai dengan kebiasan orang ketika mendengarkan sesuatu
yang biasa di telinga mereka maka akan secara otomatis terfilter dan
mendengarkan hanya sambil lalu, yang akibatnya orang tidak akan mengingat pesan
yang disampaikan. Sedangkan ketika mereka mendengar sesuatu yang unik dan bukan
suara yang biasanya ada di radio maka fokus mereka akan teralihkan pada iklan
tersebut.
Musik
Karena radio hanya mengandalkan suara , maka sebisa mungkin
untuk menciptakan suasana sesuai dengan iklan yang akan ditampilkan maka
dipilihlah musik yang sesuai. Musik ini sangat membantu ketika orang
mendengarkannya, orang bisa saja terbawa perasaan dengan musik yang didengar
mereka. Sehingga dengan pemilihan musik yang tepat iklan akan bisa menimbulkan
kesan di pikiran seseorang.
Durasi
Iklan yang dimainkan juga harus memperhatikan durasi, durasi
dibuat tidak terlalu singkat dan tidak terlalu lama. Apabila iklan terlalu
singkat orang tidak akan sempat memperhatikan , sedangkan jika terlalu lama
orang yang mendengerkan juga akan menjadi bosan karena terlalu terbelit-belit
dalam menyampaikanya. Dengan pemilihan durasi yang pas maka iklan akan tetap
nyaman didengarkan dan bisa menangkap semua pesan yang disampaikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar