Kamis, 08 Mei 2014

IKLAN RADIO

1.Dengan jangkauan yang lebih luas, menurut analisis anda, Apakah tepat radio dipakai sebagai sarana periklanan di Indonesia yang negara kepulauan ?

2.Menurut anda, bagaimana membuat iklan radio yang baik? 


1. Radio merupakan salah satu media penyampaian informasi yang memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Radio memanfaatkan medium udara untuk merambatkan pancarannya. Terdapat dua gelombang yang digunakan, AM dan FM. Umumnya radio swasta menggunakan frekuensi FM karena kuaalitas yang lebih baik. Namun frekuensi FM ini hanya pada lingkup yang terbatas jaraknya. Frekuensi AM mulai banyak ditinggalkan oleh radio-radio swasta karena kualitas yang rendah, walaupun memiliki keunggulan bisa menjangkau daerah yang lebih luas daripada frekuensi FM.

Menurut kelompok kami, radio digunakan sebagai sarana periklanan menjadi kurang efektif. Karena pancaran frekuensi radio swasta yang menggunakan FM menjadikan itu sebagai keterbatasan. Ini disebabkan jarak dari frekuensi FM yang terbatas, sehingga akan membutuhkan banyak biaya untuk menyampaikan iklan ke beberapa radio swasta di tiap derahnya. Hal ini didukung dengan struktur negara kepulauan di Indonesia yang menjadikan media radio menjadi kurang efektif.


Selain itu  berkembangnya internet yang kini sudah mulai menyentuh daerah daerah yang terpencil membuat semua menjadi lebih mudah. Tidak kalah pentingnya peran televisi sebagai media penyampaian iklan yang efektif dan pada umumnya masyarakat menggunakan televisi di kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu menyebabkan radio menjadi kurang efektif sebagai media penyampaian iklan.

2. Setelah mengamati berbagai iklan yang ada di radio kami mengambil berbagai kesimpulan cara membuat iklan radio yang baik.

Pesan

Penyamapaian pesan dibuat secara menarik dan unik agar pendengar terfokus untuk mendengarkan iklan. Para pendengar radio pasti biasanya orang-orang yang sedang bekerja , sehingga mereka tidak fokus untuk mendengarkan radio. Sesuai dengan kebiasan orang ketika mendengarkan sesuatu yang biasa di telinga mereka maka akan secara otomatis terfilter dan mendengarkan hanya sambil lalu, yang akibatnya orang tidak akan mengingat pesan yang disampaikan. Sedangkan ketika mereka mendengar sesuatu yang unik dan bukan suara yang biasanya ada di radio maka fokus mereka akan teralihkan pada iklan tersebut.

Musik

Karena radio hanya mengandalkan suara , maka sebisa mungkin untuk menciptakan suasana sesuai dengan iklan yang akan ditampilkan maka dipilihlah musik yang sesuai. Musik ini sangat membantu ketika orang mendengarkannya, orang bisa saja terbawa perasaan dengan musik yang didengar mereka. Sehingga dengan pemilihan musik yang tepat iklan akan bisa menimbulkan kesan di pikiran seseorang.

Durasi

Iklan yang dimainkan juga harus memperhatikan durasi, durasi dibuat tidak terlalu singkat dan tidak terlalu lama. Apabila iklan terlalu singkat orang tidak akan sempat memperhatikan , sedangkan jika terlalu lama orang yang mendengerkan juga akan menjadi bosan karena terlalu terbelit-belit dalam menyampaikanya. Dengan pemilihan durasi yang pas maka iklan akan tetap nyaman didengarkan dan bisa menangkap semua pesan yang disampaikan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar