Kamis, 20 Maret 2014

Analisis Iklan Cetak

IKLAN TEPAT
 Warna                          : Dalam iklan ini terdapat beberapa warna yang dominan yaitu:
1.      Warna Biru tua : Warna biru tua menjadi dominan karena menjadi fokus utama dari iklan ini, yaitu dilihat pada penggunaan pesan yang dituliskan dan juga menjadi latar dari text box. Warna biru  ini mengesankan bahwa pesan yang timbul adalah kepercayan.  Warna biru juga selaras dengan tujuan dari korporasinya yaitu menghadirkan berita yang terpercaya.
2.      Warna Abu-abu : Warna yang dominan ketika melihat iklan ini dari jauh adalah warna abu-abu pada latarbelkangnya. Warna abu-abu dipilih karena warna tersebut netral, warna abu-abu juga melambangkan kesederhanaan, tidak banyak corak yang ditampilkan pada iklan tersebut. 

Perpaduan warna abu-abu dan biru memberikan efek elegan dan berkelas bagi yang melihat iklan tersebut. Perpaduan warna tersebut membuat produk terkesan mahal dan memiliki nilai jual yang tinggi dan warna sedikit soft terlihat dari warna merah yang tidak begitu mencolok.

 Tipografi                      : Penggunaan huruf dalam tulisan iklan ini menggunakan tipe sans   serif yang memiliki makna efisien. Sesuai dengan pesan yang disampaikan dalam iklan ini fokus pada satu tujuan untuk meyakinkan pembaca.
Kesan                       :Melihat iklan ini kesan yang didapat adalah kesan yang elegan.Kesan keramahan juga muncul dari simbol senyuman penari. Karena pemilihan warna yang netral dan juga di dalamnya tidak terdapat banyak corak sehingga terlihat sederhana. 


IKLAN TIDAK TEPAT
Warna             : Iklan diatas lebih dominan kepada warna kuning yang menunjukkan produk ini tidak sesuai dengan segmentasi yang di tentukan. Karena HABBATUSSAUDA ini merupakan obat herbal yang seharusnya menggunakan warna yang natural, warna yang alami misalkan menggunakan warna hijau yang melambangkan warna pada tanaman.
Tipografi         : Penyusunan font dalam iklan diatas menurut kelompok kami sangat ribet dan tidak beraturan. Ada tulisan yang tidak cocok dengan warna yang dipilih hingga tidak dapat terbaca. Dalam penjelasan manfaat penggunaan obat herbal ini, ukuran font terlalu kecil, terlalu banyak tulisan susah untuk dibaca dan amat membingungkan.

Kesan               : Kesan yang dapat dilihat pada iklan diatas adalah kurang menariknya penggunaan warna, kata-kata yang terlalu banyak ditampilkan dan tidak beraturan membuat pembaca iklan cenderung malas untuk membaca iklan tersebut. Pesan dari iklan ini 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar